Apa itu Search Engine Optimization (SEO) ??

Search Engine Optimization (SEO) kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti pengoptimalan mesin pencari. Mesin Pencari itu sendiri apa ? mungkin istilahnya agak aneh tapi contohnya sudah pasti akrab seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Lalu apa yang dioptimalkan ? Karena berhubungan dengan mesin pencari dan internet maka website lah yang dioptimalkan. Website memiliki cara yang sedikit berbeda dalam mempromosikan diri, berebeda dengan barang-barang fisik, acara TV seperti talkshow, mereka hanya perlu memajang iklan digital di televisi, radio, menggunakan banner di pinggiran jalan. Tetapi Website memiliki pendekatan yang berbeda, pengguna akan mencari sesuatu di mesin pencari bukanlah website, melainkan kumpulan tag yang akan merujuk website terkait, baru dari sinilah sebuah website dapat diketahui dan dikunjungi oleh pengguna internet.

Sebuah website dianggap sukses bila memiliki tingkat kunjungan yang tinggi, baru kemudian apabila website tersebut menjual barang diikuti dengan tingkat pembelian barang yang tinggi. Untuk dapat sering dikunjungi alamat website tersebut haruslah berada di halaman pertama mesin pencari bahkan berada di pilihan paling pertama mesin pencari. Untuk mewujudkan hal ini SEO mengambil peranannya dalam meningkatkan “terkenalnya” sebuah website. Website seperti youtube, facebook, mungkin hampir tidak perlu SEO tetapi website lainnya dengan konten yang memungkinkan ribuan bahkan jutaan yang hampir sama sangat butuh SEO untuk bersaing pengunjung.

SEO sendiri dimulai oleh Danny Sullivan 26 Juli 1997 dengan penggunanaan spam dalam sebuah situs diskusi bernama Usenet. Selanjutnya trend ini terus berkembang dengan penggunaan Meta Tag pada HTML sebuah website, karena saat itu algoritma pencaharian masih belum terlalu maju, hal ini menyebabkan sangat banyak penyalahgunaan. Pengguaan tag yang tidak sesuai dengan isi konten, membuat banyak pengguna terkecoh dan mengunjungi halaman website yang bukan dimaksud. Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, kemudian mengembangkan BackRub mesin pencari sederhana pertama yang kemudian menjadi mesin pencari raksasa Google sekarang ini. Menerapkan PageRank untuk menampilkan website dengan tingkat kunjungan yang baik, dan tentunya sesuai dengan aturan.

Lalu apa saja yang perlu diketahui dalam penerapan SEO ? Teknik penggunaan SEO secara garis besar ada dua macam yaitu OnPage dan OffPage. Teknik OnPage akan mengandalkan situs itu sendiri, ilmu scripting sangat dibutuhkan di sini, sementara OffPage memanfaatkan apa pun di luar situs, misal pemasangan iklan. Teknik OnPage adalah yang paling pertama akan dikonsentrasikan, karena akan berhubungan langsung dengan mesin pencari.

Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :

  1. Title Tag
    Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut.
  2. Meta Description
    Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan yang ada. Seperti keterangan akses terakhir, ataupun kalimat awal sebuah website
  3. URL
    Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
  4. Heading (h1, h2, h3, h4)
    Hampir sama sifatnya dengan tag, namun terletak di dalam konten website itu sendiri, seperti judul, sub judul. Mesin pencari akan mendeteksi heading dari website tersebut kemudian meletakkannya dalam indeks pencaharian.
  5. Link to Site Authority
    Merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai mesin pencari. Dengan memasang link-link ini mesin pencari akan membuat prioritas dalam indeks pencariannya, misal memasang video dengan plug in Youtube di dalam website.

Sumber :

http://medsainteractive.com/blog/penerapan-simplified-seo-page-toko-online-beginners

http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/

http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s