Entertainment Software Rating Board (ESRB)

Dunia Game Digital sudah sangat berkembang sejak awal penciptaannya, baik dari segi peralatan, jenis permainan, alur cerita, dan bagaimana cara memainkannya semua sudah berkembang dengan pesat. Tak hanya game digital saja, permainan tradisional banyak yang diadaptasi ke dalam dunia digital seperti congklak, catur jawa ataupun permainan yang membutuhkan tempat yang cukup besar seperti gobak sodor walaupun dibuat versi digitalnya dengan control tertentu. Dengan cakupan yang cukup besar ini, dunia game menjadi digandrungi oleh semua umur, dari mulai balita dengan kemampuan terbatas hingga orang dewasa cendereung “kecanduan” akan game.

Anak-anak dan dewasa tentu saja memiliki pehamaman akan suatu kejadian yang berbeda, hal ini tentu akan mempengaruhi jenis game yang akan dimainkan. Misal game seperti Tetris dapat dimainkan berbagai umur dari anak-anak hingga dewasa, namun game sekelas Counter Strike yang memerlukan kemampuan motorik yang cukup balita pada umumnya belum bisa memainkannya. Dengan salah satu pertimbangan ini berdirilah organisasi nirlaba Entertainment Software Rating Board (ESRB) didirikan oleh Entertaiment Software Association (ESA) pada tahun 1994. ESRB memiliki website www.esrb.org dimana berisi segala informasi mengenai bagaimana rating sebuah game dibuat, dan bagaimana pembagiannya. Adapun pembagian rating dari ESRB adalah sebagai berikut :

EARLY CHILDHOOD ESRB_EC  : game dengan rating ini dapat dimainkan oleh semua umur dengan batasan umur biasanya minimal 3 tahun, karena umur ini dianggap sudah mempunyai kemampunan motorik yang cukup baik. Namun seiring perkembangan jaman peralatan yang hanya tinggal menyentuh dengan jari sudah dapat memainkannya, maka range minimal umur game dengan rating ini dapat semakin turun misal menjadi 2 tahun. Rating ini muncul berdasarkan rating program tv yang pada tahun 1994 mulai berlaku, contoh dari game ini adalah pac man, tetris.


pac-man-logo ESRB_E

EVERYONE : game ini dapat dimainkan oleh semua umur, bedanya dengan rating Early Childhood adalah isi dari gamenya, yang mengandung kejahilan ringan cenderung menghibur sehingga tidak terlalu mencolok adegannya untuk anak-anak. Rating ini mulai berlaku sejak tahun 1998 seiring munculnya game Mario Bros, The Legend of Zelda, Pepsiman

download

ratings1-popupEVERYONE 10+ : dapat dimainkan semua orang tentu saja namun tanda 10+ ini menyatakan batasan minimalnya adalah umur anak 10 tahun, mengapa umur sekian? Karena secara survey umur 10 tahun anak sudah mengetahui bahwa ada kecelakaan yang dapat membuat mereka terluka, pada umumnya anak umur 10 tahun sudah belajar mengendarai sepeda sehingga mereka sudah pernah jatuh dan berdarah. Ini mengacu pada konten dari game yang ada yaitu menyajikan kekerasan yang sedang namun masih dalam batas wajar. Permainan pedang dan pemukulan dengan benda tumpul sudah ada pada game dengan rating ini. Grafik yang tersaji pun lebih baik seperti Kingdom of Hearts. Rating ini pertama kali diperkenalkan pada 2 Maret 2005 untuk game Donkey Kong Jungle Beat.

download (2)

teenTEEN : Batas usia minimalnya adalah 13 tahun, yang berarti rating game ini diperuntukkan untuk remaja. Konten game sudah mengarah ke simulasi yang lebih nyata, dengan kekerasan yang lebih nyata. WWE Smackdown adalah salah satu contoh game dengan rating ini.

WWF Smackdown!

215px-ESRB_Mature_17+.svgMATURE : terbatas mulai dari 17 tahun sehingga umur di bawahnya tidak boleh memainkan game ini. Mengandung kekerasan, efek darah yang cukup nyata, seksualitas, pemakaian obat-obatan dan lainnya yang kontennya hanya bisa dicerna oleh orang dewasa. Permainan seperti Dead or Alive, Left 4 Dead sangat sarat akan adegan penembakan dan darah termasuk dalam rating ini.

MV5BMTIyNDQ0NDExMl5BMl5BanBnXkFtZTcwODAxMTk0MQ@@._V1_SY317_CR0,0,214,317_AL_

ESRB_2013_Adults_OnlyADULTS ONLY : apabila rating Mature sudah ketat mengawasinya, maka game dengan rating Adult Only ini lebih ketat lagi dalam pemberian ratingnya. Biasanya game tipe rating ini karena alur cerita yang dapat member pilihan kepada penggunanya untuk berbuat kejahatan. Bila dibandingkan tipe game rating Mature memang memiliki alur cerita yang cenderung membasmi kejahatan dengan cara kekerasan. Namun game dengan rating Adult Only seperti Grand Theft Auto, pengguna memiliki sejumlah misi yang semuanya adalah melawan norma dunia nyata.

2463980-grand+theft+auto+v

ESRB_RPRATING PENDING : game dengan tipe rating ini belum diluncurkan ke pasaran karena belum mendapatkan rating dari ESRB.

 

 

 

 

 

Sumber :

http://www.gamexeon.com/forum/gamer-lobby/68006-sekilas-pengertian-tentang-esrb.html

https://www.bersosial.com/threads/sekilas-pengertian-tentang-esrb.917/

http://www.esrb.org/ratings/ratings_guide.jsp

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s