Flappy Bird dan Popularitasnya

A. Flappy Bird dan penciptanya

Dari sekian banyak tipe permainan yang ada endless run adalah permainan yang cukup unik. Konsepnya adalah mendapatkan poin yang paling banyak, sementara pemain dihadapkan pada karakter yang hampir selalu sama tipenya dalam satu permainan, dan rintangan yang semakin meningkat. Kecanduan dan persaingan adalah efek dari permainan tipe endless run ini. Flappy Bird adalah salah satu contoh permainan tipe endless run ini.

Dong Nguyen adalah pencipta permainan ini, dan mengatakan dirinya adalah programmer tunggal dari permainan ini. Dong Nguyen programmer asal Vietnam ini memang tidak tergabung dalam perusahaan apapun ketika dirinya menciptakan permainan ini. Adapun nama developer Gears Studio dalam setiap store tempat Flappy Bird dapat diunduh merupakan penamaan sendiri dari Dong Nguyen. Lalu apa profil dirinya? Sejauh ini Dong Nguyen tidak pernah mau untuk ditanya lebih jauh tentang dirinya. Cukup aneh memang, di zaman dengan era publisitas adalah segalanya, Dong Nguyen menolak untuk membicarakan lebih jauh tentang dirinya.

dong-nguyen-flappy-bird

Sebagai gantinya, mari kita bahas Flappy Bird lebih jauh. Permainan ini dapat dikategorikan dalam permainan endless run, sesuai dengan tujuannya meraih poin tertinggi. Mulai lahir tanggal 6 November 2012 dengan nama awal Flap Flap saat itu penciptanya hanya menggunggah beberapa gambar melalui Twitternya. Lalu 24 Mei 2013, nama Flap Flap berganti menjadi Flappy Bird dan diluncurkan pada App Store untuk platform IOS. Di sini Flappy Bird belum mendapat tanggapan hanya ulasan-ulasan dalam App Store yang menyatakan hanyalah permainan sederhana dan pengguna belum sangat tertarik dengannya. 4 November 2013 merupakan awal terkenalnya Flappy Bird dengan seorang pengguna Twitter men-twit­ akan kekesalannya bermain permainan ini. Sejak saat itu Flapy Bird mengalami kenaikan peringkat dalam App Store AS dari 1368 kemudian menjadi rangking 74 sampai akhirnya 13 Januari 2014 menjadi rangking satu aplikasi gratis di AS.

flappy-bird

22 Januari 2014, Flappy Bird hadir di Android dan sejak saat itu jutaan download sudah tercapai, dan banyak komentar akan permainan ini terlontar, baik yang mengomentari permainannya saja maupun yang mengomentari dari pembuatnya yaitu Dong Nguyen. Media Sosial Dong Nguyen pun menjadi sarang dari lontaran-lontaran komentar para pengguna permainan, baik itu memuji, membuat komentar humoris, sampai cacian dan makian. Ternyata kepopuleran ini tidak membuat Dong Nguyen nyaman sampai akhirnya 8 Februari dia menyatakan akan mencabut Flappy Bird dari peredaran. Dan reaksi yang bermunculan kebanyakan menyangka ini hanyalah akal-akalan pemasaran. Sampai akhirnya 10 Februari 2014, Dong Nguyen membuktikan kata-katanya, Flappy Bird tidak bisa lagi didownload di App Store resmi dari berbagai platform.

 

Sumber :

http://tekno.kompas.com/read/2014/02/13/1830492/Kronologi.Flappy.Bird.dari.Kelahiran.hingga.Kematian

http://www.tempo.co/read/news/2014/02/06/072551791/3-Alasan-Game-Flappy-Bird-Mendunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s