Desain Pemodelan Grafis : Motion capture

                Film merupakan cabang dunia hiburan yang peminatnya tidak tidaklah terbatas, dengan berbagai genre orang dapat memilih jenis film apa yang ingin mereka tonton. Pada awalnya film dibuat dengan murni manusia sebagai pemerannya, dengan efek sederhana seperti slow motion atau gerak lambat, efek suara semua masih sederhana. Kemudian memasukin era modern film sudah memakai efek yang lebih baik seperti setting tempat yang mulai berimajinasi seperti luar angkasa ditambah dengan tokoh alien hasil animasi. Sampai akhirnya suatu film benar-benar tidak lagi ada peran manusia, alias murni animasi, lalu bagaimana tokoh animasi ini memiliki gerakan yang sangat halus layaknya manusia atau makhluk hidup sebenarnya. Motion Capture adalah jawabannya, motion capture secara terjemahan kasar berarti menangkap gerakan, sesuai dengan tekniknya yaitu menangkap gerakan suatu benda lalu mentransfernya ke benda yang tidak nyata sehingga benda yang tak nyata ini dapat bergerak sesuai dengan benda aslinya.
                Motion capture, motion tracking, atau mocap adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan pengertian gerakan tersebut menjadi model digital. Ide dari sistem ini adalah menanamkan banyak titik pada benda yang bergerak misal manusia, lalu merekam titik itu berkali-kali dengan berbagai macam pergerakan manusia, hingga didapat seleruh gerakan yang diinginkan. Rekaman hanya menghasilkan titik-titik dan gerakan bukan penampilan visual dari benda yang bergerak.
images

                Dapat dilihat pada gambar di atas alat motion capture terpasang diseluruh badan objek yaitu manusia lalu kamera merekam gerakan tiap titik hingga didapat vektor seperti di gambar. Bagian vektor ini lah yang akan diedit menjadi objek baru dengan design animasi.
               download
                Pada gambar di atas, Sam Worthington tokoh utama yang memerankan salah satu alien dipasangi alat motion capture di wajahnya, titik pada wajahnya akan direkam kamera untuk membentuk ekspresi wajah alien yang nyata. Setelah direkam titik itu akan ditambahkan animasi sehingga membentuk wajah alien yang diinginkan dan sudah memiliki gerakan ekspresi wajah. Beberapa keuntungan dari motion capture dibandingkan animasi komputer tradisional dari model tiga dimensi ialah :

  1. Lebih cepat, bahkan hasil secara real time bisa didapatkan. Dalam aplikasi hiburan, hal ini dapat mengurangi biaya dari animasi berbasis keyframe. Contohnya: Hand Over.
  2. Jumlah kerja tidak berubah dengan kompleksitas atau panjang pertunjukan dalam tingkatan yang sama ketika menggunakan teknik tradisional. Hal ini membuat banyak tes diselesaikan dengan gaya dan penyampaian yang berbeda.
  3. Gerakan kompleks dan interaksi fisik yang realistis seperti gerakan sekunder, berat, dan pertukaran tekanan dapat dengan mudah dibuat kembali dalam cara akurat secara fisik.
  4. Jumlah data animasi yang bisa diproduksi dalam waktu yang diberikan sangatlah besar saat dibandingkan dengan teknik animasi tradisional. Hal ini berkontribusi dalam keefektifan biaya dan mencapai deadline produksi.

                Namun, sebuah metode pasti mempunyai kekurangan, tidak terkecuali metode motion capture ini, yang di antaranya adalah :

  1. Hardware yang spesifik dan program yang special dibutuhkan untuk mendapatkan dan memproses data.
  2. Sistem pengambilan gerakan mungkin memiliki kebutuhan yang spesifik untuk ruangan operasi, tergantung dari pandangan kamera atau distorsi magnetik.
  3. Teknik animasi tradisional, seperti menambahkan tekanan dari antisipasi dan kelanjutannya, gerakan kedua atau memanipulasi bentuk dari karakter, seperti dengan melumatkan dan memperpanjang teknik animasi, harus ditambahkan nanti.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Motion_capture
http://cdinteraktif-info.blogspot.com/2012/03/mengenal-teknologi-motion-capture.html
http://jakasradikal17.blogspot.com/2013/10/motion-capture.html
https://www.google.com/imghp?hl=en&tab=wi&ei=TfmVUvuZAsmQrQfjk4HICg&ved=0CAQQqi4oAg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s