Desain Pemodelan Grafis : Metode Modeling 3D

3 dimensi atau sering disingkat 3d adalah model 3 parameter geometris dari alam semesta fisik (tanpa mempertimbangkan waktu) di mana kita berada. Ketiga dimensi umumnya disebut panjang, lebar, dan kedalaman (atau tinggi), meskipun ada tiga arah dapat dipilih, asalkan tidak terletak pada bidang yang sama. Obyek 3D ini dapat dilihat baik dari atas, bawah, depan dan belakang secara cukup jelas. 3D tercipta dari sumbu X, Y, dan Z.

Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan. Beberapa metode modeling 3D :

  1. NURBS/Spline Modeling
    Motoryacht_design_i

    NURBS adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk pemodelan otomotif dan industri.Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS tidak memiliki wajah, tepi, atau simpul.Sebaliknya, NURBS model terdiri dari permukaan dibuat oleh permukaan halus. NURBS Curves diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS cat atau Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan menggerakkan serangkaian yang  disebut CV (kontrol simpul). Untuk model permukaan NURBS, artis menempatkan kurva di sepanjang kontur menonjol, dan perangkat lunak secara otomatis interpolates ruang yang diantaranya.

  2.  Edge/Contour Modeling
    download (1)

    Pemodelan Edge teknik poligonal,meskipun fundamental berbeda dari pemodelan kotak. Dalam pemodelan tepi, bukan dimulai dengan bentuk primitif dan pembentukan, model dasarnya dibangun sepotong demi sepotong dengan menempatkan loop wajah poligonal di sepanjang kontur menonjol, dan kemudian mengisi setiap celah di antara mereka. Ini mungkin terdengar rumit, tetapi kotak tertentu sulit untuk diselesaikan melalui pemodelan kotak saja, wajah manusia menjadi contoh yang baik. Untuk model wajah membutuhkan manajemen yang sangat ketat , dan ketelitian yang diberikan oleh pemodelan kontur dapat tak ternilai. Daripada mencoba membentuk rongga mata didefinisikan dengan baik dari kubus poligonal, itu jauh lebih mudah untuk membangun sebuah garis mata dan kemudian model sisanya dari sana. Setelah landmark utama (mata, bibir, alis, hidung, rahang) dimodelkan, sisanya cenderung selesai ke tempatnya hampir secara otomatis.

  3. 3D Scanning

    Scanning 3D adalah metode digitalisasi objek dunia nyata ketika tingkat yang sangat tinggi dari foto-realisme diperlukan. Sebuah objek dunia nyata (atau bahkan aktor) dipindai, dianalisis, dan data mentah (biasanya sebuah x, y, z titik awan) digunakan untuk menghasilkan poligonal atau NURBS jala akurat. Pemindaian sering digunakan ketika representasi digital dari aktor dunia nyata diperlukan, seperti dalam Kasus Penasaran Benjamin Button di mana tokoh utama (Brad Pitt) berusia terbalik sepanjang film.

Sumber :
https://www.google.com/imghp?hl=en&tab=wi&ei=TfmVUvuZAsmQrQfjk4HICg&ved=0CAQQqi4oAg
http://zlatanprasetyo.blogspot.com/2013/11/metode-modeling-3d.html
http://prabu-randy.blogspot.com/2013/11/metode-modeling-3d.html
http://aboutkuliah.blogspot.com/2013/01/desain-pemodelan-grafik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/NURBS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s