Mengenal Web

inter1          Web yang merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang artinya adalah jaring. Lalu apa hubungannya dengan Web jaman sekarang yang kita kenal ?? Sesuai dengana artinya yaitu jaring, web berguna untuk menjaring semua yang dapat ditangkap dan dihubungkan satu dengan yang lainnya. Ketika sebuah benda telah menempel dalam jaring, dan bagian dari jaring lain digetarkan maka bagian jaring lain akan ikut bergetar, inilah ide utama dari web yaitu membagi dengan bagian-bagian lainnya. Perkembangan Web tak bisa terjadi tanpa adanya internet karena internet lah yang membuat Web ini dapat terhubung satu dengan yang lainnya.

A. Sejarah Singkat Internet

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

inter2 Selanjutnya adalah pengenalan penggunaan TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.inter3

B. Sejarah Perkembangan Web

inter4Sir Timothy John Berners-Lee adalah penemu dari teknologi World Wide Web, yang sekarang menjabat ketua dari World Wide Web Consortium yang bergerak dalam bidang mengembangkan WWW menjadi lebih baik, terus melakukan inovasi pada kemajuan penopang Web seperti  URL (Uniform Resource Locator), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language). Gagasan ini berawal dari software yang dibuat oleh Lee untuk laboratorium CERN Eropa, dimana Lee diminta untuk membuat software yang dapat menghubungkan antar ilmuwan untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Kemudian timbul gagasan untuk membuat semua orang dapat bertukar informasi dalam jaringan internet, dengan efisien dan menarik. Dari sinilah mulai terbentuk URL sebagai alamat penunjuk sebuah web, penggunaan HTTP, dan HTML sebagai alat untuk mendesign sebuah tampilan web.
Dari hasil pengembangannnya, Hearst [Helfin, 2003] menyimpulkan web memiliki beberapa sifat, seperti :

  1. Web adalah massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
  2. Web bersifat terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
  3. Web juga bersifat dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
  4. Web bersifat open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.

inter

Dalam pengembangannya Web memerlukan platform untuk dapat berjalan dan diakses oleh penggunannya di seluruh dunia. Dan perkemabangan platform dari web itu sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Web 1.0 masih mengandalkan halaman statis dari tag-tag HTML sehingga pengunjung hanya dapat mencari sesuatu atau yang sering disebut “searching” , dan melihat-lihat “browsing” informasi-informasi yang ada pada web, kita juga tidak dapat memberi komentar apa- apa, karna web 0.1 tidak mendukung aplikasi tersebut, dan jika kita ingin mendapatkan informasi dari web yang inginkan kita kunjungi, user harus datang ke web tersebut. elemen yang biasa digunakan dalam Web 1.0 adalah: Halaman statisTombol GIF dan Framesets.
  2. Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya. Pada Web 2.0, sebagai pengunjung Anda dapat melakukan kontribusi dan memiliki hak untuk read-write, di mana Anda dapat berperan aktif pada website tersebut. Istilah “sharing” mulai umum digunakan dalam konsep Web 2.0. Web 2.0 merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.
  3. Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 terdiri dari:
    a. Web semantik
    b. Format mikro
    c. Pencarian dalam bahasa pengguna
    d. Penyimpanan data dalam jumlah besar
    e. Pembelajaran lewat mesin
    f. Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web

Sumber :

http://www.google.com

http://edwinghofamz.wordpress.com/2011/02/13/asal-mula-web-dan-perkembangan-web/

http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web_Consortium

http://safemode.web.id/artikel/teknologi/pengertian-web-science

http://ilmu27.blogspot.com/2012/08/makalah-sejarah-perkembangan-internet.html

http://faris6593.blogspot.com/2013/03/sejarah-web-dan-web-science.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Web_3.0

http://www.robbyyuliendra.com/2012/04/definisi-dan-mengenal-apa-itu-web-20.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s