Human Computer Interface

Istilah Human Computer Interface (HCI) mendeskripsikan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan komputer.
images Dalam kemajuan teknologi paling tidak saat ini manusia dan komputer berinteraksi hanya terbatas pada proses input dan output (I/O), dimana manusia menginput data yang akan diproses dan komputer akan memproses datanya sekaligus memberikan outputnya baik itu di layar ataupun dalam bentuk cetakan. Dalam perkembangannya tidak hanya memasukkan dan langsung mengeluarkan hasil komputer jug dapat menyimpan berbagai data yang diinginkan manusia. Diawali dengan menyimpan kata-kata, data perhitungan, musik, video hingga data DNA seseorang sekarang sudah dapat disimpan. Adapun peralatan untuk mendukung semua itu adalah :

  1. Peralatan Input : Keyboard, Mouse, Scanner, Microphone
  2. Peralatan Output : Monitor, Printer, Speaker
  3. Peralatan Penyimpanan : Harddisk, CD Rom, Flash Disk

Macam-Macam Interface

1. HEAD UP DISPLAY SYSTEM
Head Up Display Sistem umumnya banyak digunakan pada penerbangan-penerbangan militer, seperti contohnya pada pesawat siluman milik TNI Angkatan Udara. Head Up Display System (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraan bermotor dan aplikasi lainnya

2 .COMPUTER VISION
Computer Vision sering didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati/ diobservasi. Cabang ilmu ini bersama Intelijensia Semu (Artificial Intelligence) akan mampu menghasilkan sistem intelijen visual (Visual Intelligence System). Selain itu definisi lain adalah Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.

3. SPEECH RECOGNITION
Speech Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh microphone atau telepon, untuk merangkai kata kata. Kata – kata yang dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command & control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
Speech recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah satu perangkat speech recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963 melalui New York World’s Fair.

Sumber

http://nindyauntari.blogspot.com/2010/11/pengertian-dan-contoh-macam-macam.html

google.com

http://www.mqodriana.blogspot.com/

Manovich,Lev.2001.E-Book The Language of New Media.Massachusetts Institute of Technology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s