MANUSIA DAN KEGELISAHAN

A.  Pengertian Kegelisahan

Galau?? Haduh kata-kata yang menjadi sangat booming di kalangan anak remaja atau bahkan semua kalangan sudah menjadi trademark untuk mengatakan kata ini ketika ada masalah melanda. Lalu apa sih galau itu?? Galau adalah persamaan dari gelisah. Kok bisa sama??  Karena kedua-duanya sama-sama membuat makan tak enak tidur tak nyenyak, gak percaya?? Bacalah penjelasan berikut untuk bukti sama atau tidak galau dan gelisah.

Dalam kehidupannya manusia selalu diliputi masalah, dan usaha untuk mengatasi masalah itu. Namun terkadang masalah yang ada harus mengalami proses untuk bisa diselesaikan perlu pemikiran yang panjang. Dan walaupun masalah satu sudah selesai ada kekhawatiran untuk mendapat masalah yang lain lagi, dan akan timbul banyak pemikiran yang selalu akan membuat perasaaan tak tenang yang kita sebut gelisah. Sehingga gelisah dapat didefinisikan sebagai perasaan tak tentram di hati ataupun pikiran akibat suatu masalah atau kejadian tertentu. Gelisah atau cemas dapat meliputi berbagai macam maslah pada manusia namun dari bentuknya dibagi menjadi 3 macam yaitu :

  1. Kecemasan Objektif : kecemasan akan sesuatu yang sifatnya pada sesuatu yang mengancam eksistensi hidupnya, baik nyawa ataupun kedudukannya.
  2. Kecemasan Moril : kecemasan yang disebabkan akan moril seseorang.
  3. Kecemasan Neorotis : kecemasan yang timbul dari bahaya akibat pikiran seseorang bisa karena khayalan ataupun traumatis.

 

B. KETERASINGAN

Katerasingan berasal dari kata terasing, dan dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain, atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain.

Yang menyebabkan orang berada dalam keterasingan ialah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat, atau kekurangan yang ada pada diri seseorang, sehingga ia tidak dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat. Perbuatan iti misalnya mencuri, memperkosa, mengganggu istri orang, menghina orang, dan sombong.

 

C. KESEPIAN

Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman. Lalu apa yang menyebabkan adanya kesepian?? Bermacam-macam penyebab terjadinya kesepian. Salah satunya frustasi. Dalam hal itu, orang tidak mau diganggu, ia lebih senang dalam keadaan sepi, tidak suka bergaul, dan lebih senang hidup sendiri. Orang yang frustasi itu bersikap rendah diri, sengaja menjauhi pergaulan ramai. Orang yang bersikap rendah diri, pemalu, minder, merasa dirinya kurang berharga dibanding orang lain, maka orang itu lebih suka menyendiri. Karena menyendiri itu mengakibatkan kesepian.

 

D. KETIDAKPASTIAN

Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal-usul yang jelas. Ketidakpastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas.

Adapun penyebab dari manusia merasakan ketidakpastian dalam hidupnya adalah :

Orang yang pikirannya terganggu tidak dapat berpikir secara teratur, apalagi mengambil kesimpulan. Dalam berpikir, manusia selalu menerima rangsang-rangsang lain, sehingga jalan pikirannya menjadi kacau oleh rangsang-rangsang baru. Kalau toh ia dapat berpikir baik akan memakan waktu yang cukup lama dan sukar. Beberapa sebab orang tak dapat berpikir dengan pasti ialah:

  1. Obsesi : Gejala neurosa jiwa, yaitu adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus-menerus, biasanya tentang hal-hal yang tak menyenangkan, atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita. Misalnya, selalu berpikir ada orang yang ingin menjatuhkan dia.
  2. Phobia: Rasa ketakutan yang tak terkendali, tidak normal, kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.
  3. Kompulasi : Adanya keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.
  4. Histeria : Neorosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental, kekecewaan, pengalaman pahit yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dari sikap orang lain.
  5. Delusi : Pikiran yang tidak beres, karena berdasarkan suatu keyakinan palsu. Delusi ada tiga macam, yaitu:
    1. Delusi persekusi : Menganggap keadaan sekitarnya jelek.
    2. Delusi keagungan : Menganggap dirinya orang penting dan besar.
    3. Delusi melancholis : Merasa dirinya bersalah, hina, dan berdosa.

Usaha-usaha penyembuhan ketidakpastian

  1. Untuk dapat menyembuhkan keadaan itu tergantung kepada mental penderita. Andaikata penyebab sudah diketahui, kemungkinan juga tidak dapat sembuh. Bila hal itu terjadi, maka jalan yang paling baik bagi penderita ialah diajak atau pergi sendiri ke psikolog.
  2. Bila penyebabnya itu jelas, misalnya rindu, obatnya mudah, yaitu dipertemukan dengan orang yang dirindukan.
  3. Phobia atau jenis takut bisa dilatih dari sedikit, sehingga tidak takut lagi.
  4. Orang yang bersikap sombong atau angkuh,bila mengalami musibah baru berkurang kesombongannya, tetapi mungkin tidak. Andaikata mereka sadar, kesembuhan itu adalah karena pengalaman. Jadi yang menyembuhkan adalah masyarakat sekitarnya dan dirinya sendiri.

 

Sumber

http://ibdbayuerfiyanto.blogspot.com/2010/04/ibd-bab-10-manusia-dan-kegelisahan.html

http://aldymohamad.blogspot.com/2012/06/3-macam-kecemasan-yang-menimpa-manusia.html

http://www.sarjanaku.com/2010/01/makalah-manusia-dan-kegelisahan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s