Manusia dan Penderitaan

Penderitaan adalah kata-kata yang paling tidak diinginkan dalam hidup manusia, dengan adanya kata ini berarti haruslah melewati masa sulit tidak mengenakkan dan tidak ingin diulangi. Namun apakah bisa dihindari?? Tentu tidak bisa karena hidup menyediakan banyak permasalahan bahkan dalam kegiatan yang paling sederhana sekalipun. Penderitaan berasal dari kata derita yang berarti menanggung sesuatu yang tidak enak, tidak nyaman. Terdapat 3 macam penderitaan yaitu :

  1. Penderitaan Batin : derita yang ditanggung dalam hati tidak terlihat secara kasat mata, misal sakit hati, sedih dan sebagainya
  2. Penderitaaan Lahir : derita yang ditanggung secara fisik, sehingga akibatnya dapat dilihat langsung, misal luka-luka, lebam, lemas, kurus dan lain-lain.
  3. Penderitaan Lahir dan Batin : gabungan dari derita yang terlihat dan tidak terlihat.

Penderitaan Psikis adalah penderitaan yang disebabkan oleh siksaan psikis, hal ini dapat berdampak pada fisik dan hati manusia terdapat 3 jenis siksaan psikis :

  1. Kebimbangan: Siksaan yang dialami oleh seseorang bila ia pada suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil.
  2. Kesepian: Siksaan yang dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya atau jiwanya, walaupun ia dalam lingkungan orang ramai.
  3. Ketakutan: Ketakutan adalah bentuk siksaan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin.

3 siksaan di atas akan mewakili berbagai penderitaan yang sering dialami oleh manusia dalam kehidupannya. Penderitaan yang berlarut-larut akan membuat manusia mengalami kekalutan mental yaitu ketidakmampuannya dalam mengatasi penderitaan itu sehingga menyebabkan tingkah yang kurang wajar. Dampaknya akan sangat membekas dapat dilihat secara fisik dan batinnya, manusia yang mengalami kekalutan mental punya gejala :

  1. nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung.
  2. nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah.

Tidak hanya berdampak pada pribadi manusia itu tapi juga berdampak pada kehidupan sosialnya sebab dia akan memandang dunia sebagai tempat untuk menderita bukan lagi untuk mencapai tujuannya. Namun kekalutan mental tidak hanya terarah ke arah yang negatif dapat juga ke arah yang postitif, karena manusia akan cenderung menghindari yang merugikan dirinya, maka manusia itu akan berusaha untuk menghindari apa yang membuatnya menderita dan melakukan hal lain yang lebih baik.

Gangguan jiwa bukanlah “gila” seperti yang orang-orang katakan pada umumnya namun pada tahap awal hanyalah tindakan-tindakan yang di luar manusia normal lainnya lakukan atau kegiatan biasa namun dilakukan berlebihan, misalnya :

  1. Agresi berupa kamarahan yang meluap-luap akibat emosi yang tak terkendali dan secara fisik berakibat mudah terjadi Hypertensi atau tindakan sadis yang dapat membahayakan orang sekitarnya
  2. Regresi adalah kembali pada pola perilaku yang primitive atau kekanak-kanakan
  3. Narsisme adalah self love yang berlebihan sehingga yang bersangkutan merasa dirinya lebih superior dari paa orang lain
  4. Autisme ialah menutup diri secara total dari dunia riil, tidak mau berkomunikasi dengan orang lain, ia puas dengan fantasinya sendiri yagn dapat menjurus ke sifat yang sinting.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, begitu juga penderitaan sebab penderitaan adalah bagian dari pengalaman yang kurnag menyenangkan, dengan mempelajari penderitaan ini, manusia bukan hanya diajarkan untuk menghindari tapi bagaimana menyelesaikan dan keluar dari penderitannya. Tentu saja terkadang tidak bisa dilakukan sendiri diperlukan bantuan orang lain yang agar masalah itu bisa selesai, dengan tahapan ini manusia dapat menjadi lebih tangguh, cerdik, dan akhirnya dapat menikmati hidup dengan caranya sendiri, yang tentu saja akan menginspirasi orang lain dengan cara positif.

Sumber :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/tugas-ibd-manusia-dan-penderitaan-minggu3/

http://jonathan54.blogspot.com/2011/03/nama-jonathan-mardi-halim-npm53410776.html

http://www.google.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s