Manusia dan Pandangan Hidup

Ketika kita dilahirkan ke dunia kita tidak mengerti apapun tentang dunia ini, lalu kita diajarkan tentang berbagai hal dimulai dari mengenal siapa orang tua kita, siapa nama kita, lalu mulai lah kita masuk ke pergaulan sosial. Setelah proses itu kita menjadi dewasa dan mulai memikirkan apa yang akan kita lakukan dalam proses panjang kehidupan, mulailah timbul keinginan akan hal-hal tertentu, dalam mendapatkannya kita harus berusaha. Semuanya itu mempunyai tujuan yang masing-masing orang meiliki tujuan yang spesifik, hal inilah yang membentuk “Pandangan Hidup”. Pandangan hidup adalah hal yang mendasari tiap tindakan, pikiran, dan perkataan manusia dalam kehidupannya. Sering dikatakan dengan prinsip, namun tidak semua manusia menyadari akan prinsip hidupnya tidak memiliki tujuan tertentu hanya mengikuti arus, jelekkah hal ini?? Tergantung bagaimana kita memandangnya, bial dari sudut sosial tidak berarti apa-apa karena manusia seperti ini tida memberi peranan penting dalam kehidupan sosialnya, namun bagi orang itu kurang baik karena akan cenderung merasa bosan akan rutinitas yang dibuat oleh arus yang diikutinya.

Lalu bagaimana membentuk pandangang hidup yang baik dan benar?? Pandangan hidup bukanlah sesuatu yang dapat dikhayalkan satu malam lalu besoknya dilakukan, ada berbagai macam pembentukan/sumber pandafangan hidup antara lain :

  1. Agama : dengan mempelajari agamanya, dan menekuni semua ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, pandangan hidup ini mutlak karena berasal dari Tuhan yang memberi perintah.
  2. Ideologi : berasal dari ajaran yang selama ini didapatkan dari orang lain, bahkan dari ideologi pemerintahan dia menetap.
  3. Cita-cita : dapat berasal dari cita-cita yang ingin dicapai mencakup bagaimana cara mencapainya, dan bagaimana mempergunakannya ketika sudah dicapai.
  4. Usaha : setelah melalui banyak masalah, manusia akan membentuk pola piir tertentu yang dapat membantunya dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya hal ini dapat menjadi pandangan hidup.
  5. Keyakinan dan harapan : motivasi pada diri untuk menggapai sesuatu, yakin akan dapat dan harapan untuk mendapatkan yang lebih baik, membuat pandangan hidup yang positif dan terus maju.

Pandangan hidup yang kuat dapat membuat manusia menjadi kuat, dan dengan membagi pandangan hidupnya dapat memotivasi manusia lain untuk mengikuti pandangan tersebut hal ini lah yang disebut dengan filsafat, secara umum terdapat 3 filsafat yang sangat terkenal antara lain :

1. Naturalisme
Tokoh utamaya adalah J.J Rousseau, Aristoteles, Schopenhauer, filsafat ini bertumpu pada penerimaan alam, lebih kepada mengikuti yang sudah alam berikan dengan menggunakan seluruh apa yang ada di alam dengan bijaksana untuk keuntungan semua manusia. Para penganutnya mempercayai bidang supernaturalisme karena hal ini juga berhubungan dengan alam/universal secara umum.
2. Pragtisme
Tokoh utamanya Charles Sandre Peirce, filsafat ini menekankan kepada praktek kehidupan nyata, bahwa hasil yang baik berasal dari praktek yang baik. Menekankan pada hal yang nyata, tidak mengakui usaha tanpa hasil. Filsafat ini muncul untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah, agar tidak selalu berandai-andai mengharapkan hal yang sudah lalu bisa diperbaiki, dituntut untuk menghadapi masalah yang ada dan menyelesaikannya dengan pikiran dan tindakan nyata.
3. Idealisme
Tokoh utamanya adalah Plato dan Socrates, filsafat ini bertumpu pada penganggungan diri sendiri. Ide tiap orang adalah benar dan tidak bisa diganggu gugat, sehingga perlu adanya tatanan khusus sehingga menempatkan tiap manusia untuk menjalankan idenya sendiri tanpa harus bentrok dengan ide lainnya. Bukan bersikap egois karena pada akhirnya, akan terdapat cita-cita yang sama dari berbagai ide yang muncul, demokrasi adalah hasil dari filsafat ini.

Selanjutnya tinggal bagaiman kita membentuk pandangan hidup yang baik agar menuju ke masa depan yang baik pula, ada beberapa langkah dalam membentuk pandangan hidup yang baik :

  1. Mengerti
  2. Mengenal
  3. Menghayati
  4. Meyakini
  5. Mengabdi
  6. Mengamankan

Sumber :

http://irfanarifprasetyo.blogspot.com/2011/03/sumber-sumber-pandangan-hidup.html

http://qoronizumalin.blogspot.com/2012/03/aliran-aliran-filsafat.html

http://pandidikan.blogspot.com/2011/04/manusia-dan-pandangan-hidup.html

http://www.google.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s