Me vs Family

heem dari judul berarti nunjukin saya sebagai anak yaitu anggota keluarga sering konflik dengan keluarga. Betul sekali kalau anggapan anda seperti itu, dan pasti banyak dia antara pembaca sekalian baik seumur dengan saya ataupun lebih muda apalagi yang lebih tua pernah mengalami hal ini.

tapi apakah konflik ini harus terjadi terus?? Jawabannya adalah ya karena tanpa konflik kita tidak pernah dewasa, sebab masalah yang kita hadapi akan membuat pola pikir kita semakin terbentuk maju. Apa tidak bosan harus ada konflik terus?? Tentu tidak karena yang kita takutkan bukanlah konflik itu terus ada namun kita tak bisa menyelesaikan konflik itu, sehingga pada akhirnya kita menghindar bahkan dari keluarga kita sendiri untuk mencegah adanya konflik yang tak punya kita solusinya.

Saya hidup dalam keluarga yang lumayan keras, sering ribut akan hal-hal sepele, salah paham sehingga membuat suatu hal menjadi besar karena hal itu. Lalu apa dampaknya pada saya?? Positifnya saya menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak, lebih mengamati orang dahulu sebelum memberi informasi atau apapun kepada orang lain, belajar tidak memukul rata masalah dengan solusi cari pelaku namun lebih kepada meredam masalah dahulu baru ke inti persoalan. Negatifnya, saya menjadi penakut untuk mengambil tindakan berbeda dengan orang lain, perlu adanya situasi mendesak atau dorongan yang sangat kuat, selain itu kekangan yang diberikan membuat saya sering berburuk sangka dan agak sulit menyesuaikan diri.

Lalu apa harus menyesal dilahirkan di keluarga yang tidak kita harapkan?? Harusnya sih pertanyaan ini tidak ditanyakan, dipikirkan apalagi dilakukan, karena hukum buat anak seperti kita sangat ketat tidak ada namanya bekas ibu bekas bapak atau bekas saudara sampai mati kita harus menyandang status sebagai anak dan saudara yang kita miliki sekarang. Karena itu kita sendiri lah yang harus pintar memilah mana informasi/pengajaran yang tepat dari keluarga yang dapt kita ambil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s