Sosial dan Remaja

Agak berat memang materi yang satu ini sebab selain judulnya merujuk juga pada diri saya sendiri sebagai penulis yang masih remaja juga mencakup masyrakat luas dimana mempunyai persepsi dan pendapat sendiri akan judul di atas.
Baiklah kita sedikit ilmiah dahulu, Sosial menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah segala hal yang berkenaan dengan masyarakat. Remaja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah mulai dewasa.

Sehingga bila kita rujuk dari judul di atas saya akan sedikit mengulas tentang manusia yang sedang mulai dewasa dalam hal yang berkenaan dengan masyarakat.

Remaja dapat dibatasi dari usia 15-21 tahun dari jenjang pendidikan dan segi rasional dalam berpikir dan dari pengalaman hidup yangtelah dilewati. Mereka dalam periode memiliki sifat yang sangat bervariasi bukan hanya satu antar individu mereka unik bahakan dalam diri sendiri mereka unik. Maksudnya adalah mereka memiliki tingkat adaptasi yang cukup baik pada umumnya, mereka dapat merubah pribadi dan tindakan mereka tergantung mereka ditempatkan.

Itu adalah gambaran remaja secara umum lalu kita persempit lagi menjadi topik cukup sensitif,remaja dalam pergaulannya sehari-hari.

Saya sebagai salah satu dari berjuta-juta remaja di dunia merasakan banyak saat peralihan dari masa SMP ke SMA salah satunya adalah bagaimana saya mengenal orang lain. Di saat seperti ini umumnya remaja sangat peka akan perasaan diri maupun orang lain sehingga berujung pada rasa suka walaupun sekarang anak TK pun sudah mengerti bagaimana orang pacaran bahkan ada yang sudah berani bilang suka kepada temannya (ckckckc anak jaman sekarang).

seperti yang dikatakan sebelumnya remaja sangat mudah adaptasi hal ini karena rasa ingin tahu disertai ingin dikenal atau populer sehingga mereka berani mencoba hal-hal yang belum pernah dicobanya.

Lalu apa hubungnnya semua yang dialami remaja dengan kehidupan sosialnya??
Tentu saja ada, seorang remaja dapat memberi perubahan dengen membuat sesuatu yang berbeda misal membuat organisasi atau membuat sesuatu yang berbeda.

Pada akhirnya kita tinggal memilih apakah kita mau berlaku di jalan yang positif ataupun jalan yang negatif, karena usia remaja sekarang telah dihadapkan oleh berbagai pilihan dan konsekuensi yang sangat banyak.

Sumber gambar : http://www.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s