MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. Pengertian Tanggung Jawab

Setiap perbuatan yang telah kita perbuat pasti memberikan hasil yang berbanding lurus. Maksudnya besar kecil dan baik buruknya hasil bergantung dari besar kecil dan baik buruknya perbuatan kita juga. Tanggung jawab memiliki arti yang sangat besar dalam hidup manusia, hidup manusia sendiri pun harus dipertanggung jawabkan pada Sang Pencipta nantinya.

Tanggung jawab berasal dari 2 kata yaitu tanggung yang berarti menerima dan jawab yang berarti menerima sesuatu dari pertanyaan yang telah diajukan dalam hal ini persoalan hidup adalah pertanyaannya. Sehingga tanggung jawab dapat diartikan menerima hasil dari perbuatan atas persoalan yang terjadi.

Dalam tujuan dari pelaksanaannya, tanggung jawab dapat dibedakan menjadi 5 macam :

  1. Tanggung jawab pada diri sendiri
  2. Tanggung jawab pada keluarga
  3. Tanggung jawab pada masyarakat
  4. Tanggung jawab pada bangsa/negara
  5. Tanggung jawab pada Tuhan

B. Pengabdian dan Pengorbanan

Rasa tanggung jawab seseorang dapat membuat perbuatan yang lebih baik lagi yaitu pengabdian dan pengorbanan. 2 kata ini sulit untuk dipisahkan karena ketika seseorang sudah mengabdi maka dia akan dapat memutuskan untuk mengorbankan kepemilikannya untuk sesuatu hal yang dia percayai. Pengabdian identik dengan rasa ikhlas dan tidak adanya pamrih

Pengabdian adalah perbuatan yang dilakukan seseorang dengan menyerahkan tenaga, pikiran, waktu dan lain-lainnya dengan ikhlas. Kepercayaan adalah salah satu yang melandasi rasa ingin mengabdi dalam diri seseorang. Ketika seseorang sudah memutuskan untuk mengabdi maka berkorban adalah bukan hal yang asing bagi mereka. Pahlawan adalah contoh yang baik dari pengabdian, mereka menyerahkan nyawa bagi negara yang mereka percayai akan membawa rakyatnya menuju masa depan yang lebih baik. Tanpa adanya rasa percaya maka mereka tidak akan mau untuk maju perang, dengan taruhan nyawa di dalamnya.

Pengorbanan adalah hasil dari pengabdian, namun terkadang orang yang berkorban belum tentu mengabdi. Untuk mendapatkan sesuatu terkadang kita harus berkorban, misal kita harus mengorbankan uang kita untuk membeli mobil. Ini bukan lah pengabdian, tapi hanya berkorban, merelakan sesuatu hilang untuk mendapatkan sesuatu. Karena itu pengorbanan belum berarti mengabdi karena ada hal yang diinginkan untuk dicapai atau pamrih.

 

Sumber :

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-tanggung-jawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s